Friday, September 13, 2013

cara impor barang personal effects

Okee, jadi gini, sy mau ceritain pengalaman waktu ngambil kiriman barang personal effects dr paris ke bandung :D

kayanya banyak yang belum tahu prosedurnya, selain karena memang rumit, karena biasanya pengambilan/pengurusan barang itu dilakukan oleh agent di indonesia (yang biasanya harganya mahal)

okeey, jadi step by stepnya gini nih:

barang itu waktu dikirim dari paris udah dimasukin ke dalam box yang sy gembok, kuncinya sy pegang dan bawa sendiri ke indonesia. box ini isinya adalah barang2 pindahan yang semuanya adalah barang pribadi, jadi ga ada harga jualnya. kebanyakan buku2 gitu sih. barang ini dikirim pakai kargo singapore airlines, dan di resi pengirimannya itu ada requested flight datenya jadi kita bisa tahu kira2 barang ini sampai ke kota tujuan kita kapan.
oiya, untuk barang2 pindahan ini, biasanya kita perlu surat keterangan dari kbri kalau kita sudah beneran pindah dan mereka me-list barang2 yg kita kirim apa aja.

waktu itu requested flight date sy tgl 25/08, jadi itu hari minggu. waktu hari senin, saya ngecek ke bea cukai di bandara untuk tahu barang saya udah sampai atau belum, dan ternyata belum. kalo dari pengalaman temen saya, katanya dia ditelepon sama pihak yng bilang kl dr agent pengiriman dan bilang kl barangnya udah dateng dn org agent itu mau ngeluarin barang tapi ada biayanya sekitar 2-3JUTA! mahal amat! trus temen saya keukeuh gamau bayar segitu dan akhirnya ngurus sendiri ke bea cukai bandara, yang akhirnya ngasih tau sy step2nya ini.
initinya sih, kl untuk personal effects gitu ya sebenernya bisa kok diurus sendri yang harganya ga mahal, daripada bayar agent yang mahal-mahal itu.

oke, lanjut lagi.
seminggu kemudian, hari senin itu akhirnya sy mutusin buat ke cargo bandara lagi buat nanya barang saya udah nyampe atau belum (sebelumnya sy dijanjiin bakal ditelepon ama orang bea cukai bandara kalau barangnya udah dateng, tp nyatanya ga ditelpon2 tuh) dan sorenya sy dikasih tau kalau ternyata barangnya udah sampai.

dari orang bea cukai bandara itu saya disuruh buat ambil surat di kantor bea cukai gedebage untuk pemeriksaan barang. nah disini, kita disuruh buat isi blanko yang isinya kebanyakan identitas, jenis dan quantity barang, trus harga jual (p.i.b gitu kalo ga salah) dll, ngisinya jg bakal dibantu sama petugas bea cukainya kok kalo kita bingung. oiya, jangan lupa bawa laptop ya kalo punya! petugas di bea cukai gedebage itu ramah-ramah dan mau ngebantu, kantornya bagus lagi, out of my imagination banget waktu pertama kali mikir kantor dan orangnya kyk gimana, haha
berkas-berkas yang harus dibawa itu antara lain blanko itu, resi pengiriman, surat dari kedubes, fotokopi paspor, pokonya semua dokumen yang kamu punya ttg pengiriman barang itu kamu bawa aja, nanti mereka bakal bantuin milahin yang mana yang perlu dan yang mana yang ngga 

abis itu, kita harus balik lagi ke gudang bandara untuk periksa barang2 yg kita kirim bareng2 sama petugas cukainya dan kemudian minta surat hasil pemeriksaan bahwa barang yang ada dan yang tertera di surat itu sama. form C1 gitu kalo ga salah, namanya lupa2 ingett. abis itu kita balik lagi ke gedebage buat ngasih surat itu dan minta surat sppb, surat perintah pengeluaran barang.

nah dengan bekal sppb inilaaah akhirnya sy balik lagi ke bandara buat ngambil barangnya itu.

fi-nal-ly!

sebenernya harusnya ke gedebage lagi sih buat nyerahin kopian sppbnya, tapi untung kmrn bisa nitip petugas bea cukai bandara yang mau ke bea cukai gedebage, hehe...

tapiii ya itu, panjang banget yaaah perjalanannya -.-
bukan masalah ribet ato gimana sih, emang udah gitu prosedurnya dan orang bea cukainya jg kooperatif kok. tapi masalah bolak-balik jauhnya itulooh, mana tahaaaannn
rute bandara-gedebage-bandara-gedebage-bandara udah hapal sekarang, hahaha..

kalau untuk di kota lain kaya jakarta atau surabaya itu jauh lebih enak, karena loket bea cukainya juga ada di bandara jadi ga usah bolak-balik kayak di bandung ini..

but at least, lumayan jg lah iritnya. dari yg tadinya harus bayar agent sekitar 2 juta, kemarin cuma bayar 210rb untuk sewa gudang selama 7 hari (karena barangku ternyata udah datangnya tanggal 29 dan sy br tau dan baru slesi ngurusin surat2nya seminggu kemudian) haha..

mayan deeeehhhhhh :D

tag: impor, barang, personal effects, bea, cukai, bandung, 

0 comments: