Friday, April 7, 2023

Berburu buku bekas di Blok M Plaza

Kegiatan apa yang suka dilakukan ketika weekend?
Memasuki bulan Ramadhan, kegiatan keluarga kami sewaktu akhir pekan yang biasanya diisi dengan makan di restoran atau mall menjadi tidak bisa dilakukan. Jelas dong ya, kan puasa. Hehe. Kegiatan outdoor pun kami batasi dan biasanya hanya menjelang waktu berbuka, karena kalau dilakukan pagi hari takutnya si kakak akan merong-rong 'hauuuss..hauuuss..' seharian. Tapi rasanya agak gak rela juga kalau memberikan akses ke tv atau komputer seharian. Jadi, ngapain lagi dong ya kita selama weekend?

Karena si kakak suka membaca, jadi setiap bulan kita beri 'jatah' untuk membeli buku pilihannya di toko buku. Masalahnya, buku yang sedang dia senang itu adalah komik berwarna yang 1 buku nya seharga 125ribu, dan habis dibaca dalam 1 jam saja! Boncoss dong yaah kantong kita kalau kita belikan buku-buku ekstra untuk mengisi waktu selama bulan puasa ini, hehe. Akhirnya, terpikir lah untuk membeli buku-buku bekas yang kuperkirakan harganya hanya setengah dari harga aslinya. 

Setelah lebih dahulu browsing dimana toko buku bekas di Jakarta, ternyata ada beberapa tempat untuk pasar buku bekas. Awalnya yang aku tahu ada di pasar senen atau kwitang, karena dulu sekolahku dekat sana. Tapi di kwitang (dulu) pasarnya panas dan di pinggir jalan. Sepertinya kurang nyaman kalau membawa anak-anak kecil. Ada teman juga yang punya langganan toko buku bekas di pasar modern BSD (kalau tidak salah). Hanya saja kalau dari rumahku di cibubur, ke BSD itu seperti melintasi antar kota antar propinsi, jauuhh. Akhirnya, kutemukan pasar buku bekas di Blok M Plaza. Dengan rating yang cukup baik di review google, weekend lalu kami iseng-iseng pergi kesana. 

Kios-kios buku bekasnya terletak di lantai basemen Blok M Plaza. Ada banyak kios-kios bukunya, melebihi yang aku kira. My happy place banget! Disini kita bisa menemukan buku-buku bekas keluaran lama maupun baru. Impor maupun lokal. Ada banyak sekali pilihan novel, buku teks pelajaran, ataupun komik berseri lengkap. Kondisinya juga beragam, rata-rata dari buku-buku ini masih berkondisi baik, hanya kertasnya sudah buram khas buku lama, dan agak berbau apek. Tapi ada juga buku-buku yang kondisinya minus sedikit misalnya sedikit rusak di ujung hardcovernya. Buku-buku bekas ini bisa kita tawar harganya, dan biasanya kalau kita belinya banyak di satu toko tersebut, akan diberikan potongan harga lagi. 

kakak lagi asik milih buku

Tempatnya sendiri nyaman untuk berlama-lama. Bersih dan dingin berAC, seperti mall atau itc pada umumnya. Sewaktu memilih, penjualnya juga memberikan kursi untuk kita agar kita bisa memilih bukunya dengan santai dan sambil duduk, jadi tidak pegal. Saranku, kalau mau kesini mungkin kita bisa putuskan mau beli buku apa, misal mencari genre novel, ensiklopedi, reference book, komik atau buku anak, atau pengarangnya siapa misal mencari Enid Blyton. Karena buku-bukunya kebanyakan ditumpuk vertikal jadi agak susah mencarinya, tapi biasanya penjualnya hapal dengan buku-buku yang mereka jual jadi bisa langsung memberikan kepada kita buku yang kita request





Selain buku bekas, ada juga beberapa kios buku yang menjual buku baru. Namun, saya tidak yakin apakah buku itu memang baru dan original atau bajakan. Harganya memang jauh lebih murah dibandingkan di toko buku seperti Gr***dia, dan penjualnya juga bilang kalau bukunya asli. Ada juga yang menjual buku-buku terbitan Usborne seperti flap booknya dengan harga yang miring hanya 115ribu. Tapi karena saya tidak yakin, akhirnya saya ga jadi beli..
 
Seperti tujuan awal datang kesini, kita fokus untuk membeli buku-buku anak dan komik. Alhamdulillah si kakak happy karena dapat buku komik 'Keluarga Super Irit' kesukaannya. Ibun juga happy karena harganya kurang dari setengah harga aslinya hehee.. Kalau di toko buku besar seharga 125ribu, kemarin dapat seharga 50 ribu. Perbandingan lainnya, komik baru (belum tahu asli atau tidaknya) yang dijual di kios lain itu seharga 85ribu. Kalau untuk harga buku-buku novel impor bekas, dari orang lain yang membeli di kios yang sama sekitar mulai dari 30ribu (setelah ditawar). 

Paketan buku komik warna survival isi paket isi 5 harganya 175rb.. menang banyak :D
 
Karena menyatu dengan mall dan kawasan perbelanjaan, jangan khawatir dengan tempat parkir mobilnya. Blok M Plazanya sendiri tidak terlalu ramai pengunjung jadi nyaman untuk berjalan-jalan juga. So far, kita happy sekali kemarin dan merupakan pengalaman baru juga untuk anak-anak, berbelanja di toko buku bekas. 😊

Siapa disini yang suka beli di pasar buku bekas juga? Yuk kita sharing infonya di kolom komentar!

No comments:

Post a Comment