Friday, May 18, 2012

Sepeda.




Sepeda!

Yap, alat transportasi yang satu ini memang udah ada dari zaman dulu, dan ngga pernah berkurang penggemarnya. Dan sekarang ini, ketika masyarakat lagi gencar-gencarnya kampanye go green, sepeda pun jadi tambah naik daun. Tentu familiar dengan gerakan Bike to Work atau B2W kan? Karyawan kantor ataupun mahasiswa banyak yang pakai sepeda ke tujuannya masing-masing. Ada macam-macam alasan yang mendukung, mulai dari mengurangi polusi asap, karena bosan dengan macet kalau pakai mobil, dan ada juga yang ingin sambil olahraga. Tentu aja, gerakan ini sangat bagus, dan saya dukung 100 persen walaupun saya belum pakai sepeda ke kampus, abisnya ga punya sih, hehe.. *curcol* :p


Seperti waktu saya pergi ke Jepang, hampir semua mahasiswa yang saya lihat pakai sepeda. Sisanya, ya jalan kaki :D Kalau misalnya di itb ataupun di kampus-kampus parkiran mahasiswanya penuh sama motor, di jepang parkirannya itu dibuat khusus untuk sepeda, dan itu sangat penuh! Seperti yang bisa dilihat di gambar-gambar ini. Foto-foto ini saya ambil ketika saya mengunjungi Kyoto di akhir tahun 2011. Saya sampai takjub dan salut dengan orang-orang disana, karena sepeda itu digunakan oleh semua kalangan, mulai dari siswa, orang tua yang setua kakek dan nenek, ibu yang ngebonceng anaknya, bapak-bapak yang pakai pakaian kerja, wowwww! Sepeda sudah merupakan alat transportasi yang sangat umum disana.

Satu hal lagi yang saya acungkan jempol, kalau disini kebanyakan orang-orang yang sekarang beli dan pakai sepeda karena ikut-ikutan atau gaya-gayaan dan sepeda yang dipakai itu 'sepeda gaul', yah semacam sepeda model pixie ataupun sepeda warna-warni lainnya, ataupun sepeda super mahal yang harganya bisa belasan atau puluhan juta, orang-orang di jepang itu menggunakan sepeda yang sangat standar, dan bahkan cenderung 'model lama' yang sangat simpel. Laki-laki disana tidak sungkan untuk pakai sepeda yang ada keranjang seperti yang ada di foto, karena balik lagi ke tujuan awal dan dasar untuk pakai sepeda, yaitu untuk transportasi.

Mungkin ini hanya sinisme saja, tapi rasanya sepeda disini skr sudah bergeser maknanya dari sekedar alat transportasi menjadi bagian dari suatu prestise atau status sosial. Tapi bagaimanapun, sudah banyaknya orang-orang yang pakai sepeda saja merupakan suatu peningkatan pesat disini, dan saya harap, tren menggunakan sepeda bukan hanya tren yang angot-angotan dan sekali lewat saja, hehe.. :)


0 comments: