Wednesday, May 7, 2014

(Mulai) Melek Investasi, Yuk! (2)

Okey, nyambung sama post yang sebelumnya, aku pengen ngebahas dikit nih tentang reksadana hehe..

Jadi setelah baca-baca sana-sini, ada 4 jenis reksadana:
1. Reksadana Pasar Uang
2. Reksadana Pendapatan Tetap
3. Reksadana Campuran
4. Reksadana Saham

Untuk lebih jelasnya tentang masing-masing pengertiannya, silahkan baca disini atau googling sendiri, banyak kokk dan cukup lengkap. Yang jelas sih, dari reksadana pasar uang sampai saham itu berbanding terbalik antara resiko dan juga profit (pengembaliannya). Kalau mau cari aman, masuk aja ke reksadana pasar uang, tapi profitnya sedikit. Kalau berani ambil resiko, masuknya ke reksadana saham yang biasanya profitnya lebih besar. Dan sebaiknya, kalau kita sudah memutuskan untuk masuk ke reksadana berarti kita siap untuk berinvestasi untuk jangka panjang, karena biasanya reksadana ini baru untung ketika sudah beberapa tahun.

Kenapa saya pribadi memilih reksadana?
Ada beberapa alasan sih, pertama yang pasti karena aku ingin punya pegangan terutama untuk biaya sekolah (calon) anakku nanti. Serem juga ngeliat total biaya yang kira-kira diperlukan untuk anak sekolah dengan inflasi yang besar, bisa mencapai angka Milyaran gitu. Maaak, mana punya duit kalau sebanyak itu kalau baru mau mulai nabung nanti. Mudah-mudahan dengan reksadana ini nanti mencukupi deh uangnya, Insya Allah :D

Alasan kedua, yaa karena sebenernya belom cukup punya duit yang banyak sih buat beli rumah buat investasi, makanya aku sama mas mau invest yang kecil-kecilan dulu ya, yang penting kita udah usaha daripada uangnya mengendap di tabungan biasa atau yang gawat malah abis dipake jajan, hehe.. Start small but start now! (minjem kata-katanya Mbak Prita Ghozie hehe..)

Alasan ketiga, karena ga ribet :D Aku ini anaknya males banget yang ribet-ribet, makanya invest lewat reksadana ini lumayan banget ngebantunya biar ga ribet hehe.. Kebayang bgt deh kalau aku sendiri yang main saham gitu, yang ada harga sahamnya naik atau turun aku ga akan tau karna ga pernah ngecek ke bursa saham hahaha..

Yuk yuk, ikutan juga yuk mulai investasi! :D

2 comments:

masanya said...

Aitiiy, dirimu di Bpn ya sekarang? Aku udah 7 bulanan tinggal (beneran tinggal) di Bpn juga nih...

Btw entah kenapa bukan latah tp aku juga pas bgt lagi baru mikirin reksadana ini, dan baru akan buka rekening si bank kuning hitam. Cuma jd kepikiran, konsep2 reksadana yg aku baca kok mirip dengan unitlink asuransi ya, top up terus sampai jangka waktu yang dikejar (entah pendidikan anak entah pensiun). Padahal bisa aja pas itu harganya bukan harga terbaik juga. Ibarat jatohnya harga di bulan Sep-Okt kemarin itu... *trus entah knp jd serius*

Tp sepakat sama dirimu, model reksadana ini emang (terlihat) gak ribet :) mari semangat seperti kata mba prita deh

aitiiiy said...

Haloooo, apakabaar? :D

Aku masih bolakbalik bandung-balikpapan nih.. kuliah ga kelar-kelar hahaha..

Iya, aku sempet ditawarin yang model asuransi ini sama beberapa bank kyk BCA dan BNI yang pakai jangka waktu minimal.. Jadi mereka memang kerjasama sama anak perusahaan atau dengan asuransinya itu..
Tapi yang di commbank ini, dia ngga ada jangka waktunya gitu sih, terserah kita mau beli sekali banyak pas harga lagi turun juga bisa.. Tapi kl aku pribadi sih ambil yang auto invest biar mau ga mau aku nyisihin uang buat nabung ke RD ini tiap bulannya hehe..

Ada kok Commbank di balikpapan di sebrangnya Ace Hardware kalo ga salah, yang didepan terminal itu.. Coba tanya2 CS atau invest managernya dulu aja kesana..

Btw tinggal di BPNnya dimana nya? Yang kerja disana kamu atau suamimu? Hehe..