Friday, May 10, 2013

Another musee!

Ada ratusan lebih musee yang ada di Paris.
Selain musee yang udah aku tulis di blog-blog sebelumnya, sebetulnya ada dua musee lagi yang aku kunjungin, yaitu Musee d'Orsay dan Chateau de Versailles. Sayangnya, waktu didalam musee d'Orsay kita ga boleh foto-foto sama sekali dan waktu di Versailles kita juga ga sempet foto-foto dan emang ga masuk ke musee nya sih, cuma main di jardinnya aja.

Tapi boleh aku review sedikit aja yaa tentang kedua museum itu, hehe. Musee d'Orsay terkenal karena bangunannya yang bagus. Bangunan ini dulunya adalah stasiun kereta yang disulap jadi museum yang punya interior bagus. Letaknya pas disebelah Seine river, ga jauh dari Musee du Louvre. Karya paling terkenal di dalam museum ini adalah lukisan diri Van Gogh, yang terkenal karena dia memotong kupingnya sendiri karena dia ingin melukis bagian kupingnya dengan detail. Weeww.. kalo kata mas sih, karya-karya dari Van Gogh ini justru terkenal setelah pelukisnya meninggal dunia, sebelumnya sih ngga terlalu terkenal..

Kalau Chateau de Versailles, tempatnya ini agak jauh, masuk ke zona 5. Akses kesana bisa dengan Rer-C, atau naik bus dari pont de sevre (ujungnya metro 9 kalo ga salah). Walaupun aku ga masuk kesana, tapi kata mas sih versi kecilnya dari musee vatican, baguslah lumayan. Di area Versailles ini, jardinnya luaaaasssss banget! beneran deh, luasnya. Ada danau, labirin, peternakan domba, de-el-el. kita bisa menyewa sepeda, trus semacam mobil golf gitu, atau kita bisa naik kereta-keretaan yang muterin kawasan ini. di tengahnya juga ada kolam tempat kita bisa naik perahu kayuh. Ada restoran bagus juga disini di pinggir kolam itu, tapi aku ga nyobain makan disana sih hehe..

Selain bangunan utama dari Versailles ini, ada juga bangunan yang tadinya istana atau rumah milik Marie Antoinette, taman disini juga lumayan bagus. Di kawasan Versailles ini banyak yang olahraga karena emang tempatnya enak banget buat jogging, hehe.. Pokonya siapin kaki aja deh kalo mau ngejelajahin tempat ini.. :)




tags: Paris, musee, museum, d'Orsay, chateau, Versailles

0 comments: