Wednesday, April 17, 2013

before i leave, booking and visa

seperti perjalanan yang sudah-sudah, dari jauh hari udah ngeliatin harga tiket pesawat di skyscanner.com buat nyari tiket murah ke paris, tapi berhubung baru ada kepastian berangkatnya mepet-mepet, jadi baru bisa booking tiket sekitar 2 bulan sebelumnya. itu pun bookingnya akhirnya di travel agent, krn ga punya kartu kredit :p tapi untungnya harga di agent lebih murah sekitar 200 dolar karena mereka punya promosi gitu, asik!

intinya sih.. jadi punya pelajaran juga kalo nyari tiket murah bukan cuma bisa lewat internet, tapi bisa juga lewat travel agent karena mereka kadang-kadang punya promosi yang dikasih langsung dari maskapai untuk dijual lewat agen :D

harga tiket yang ge dapet 1048 usd untuk pp naik pesawat qatar, berangkat bulan maret awal dan pulang akhir april. agak low season sih makanya harganya bisa dapet segitu. kalau lagi peak season bisa dapet 1300-1400. tapi kalau belinya jauh-jauh hari dan rajin mantengin internet, bisa dapet tiket murah kayak temen gw yang dapet sekitar 600 usd pp (ke amsterdam sih, tapi harganya ga jauh beda ama ke paris).

jangan lupa, selain booking pesawat kita juga harus beli asuransi, minimal yang asuransinya 30.000 euro. dan hari asuransinya juga akan dihitung dari hari keberangkatan dan pulangnya kita di tiket pesawat. harganya kurang tahu pasti untuk perharinya berapa, tapi contohnya untuk 45 hari aku berangkat, aku harus bayar sekitar 1,2 juta rupiah. asuransinya bebas kok bisa beli dimana aja ga harus di travel agent, tapi yg pasti sih hrs yg international supaya bisa di klaim di negara apa aja.

setelah booking pesawat dan asuransi beres, saatnya appy visa schengen. karena tujuanku cuma ke paris ya berarti applynya ke kedutaan prancis. tapi sebenernya kalau kalian yang mau eurotrip sih bisa aja ke kedutaan mana aja yang termasuk uni eropa, tapi biasanya apply di negara yang pertama kali dikunjungi atau negara yang paling lama kalian tinggal disananya.

untuk apply visa Schengen di kedutaan prancis, kita ga langsung dateng ke kedutaannya, tapi melalui TLS Contact, bisa lihat situsnya di https://www.tlscontact.com/id2fr/login.php alamatnya di gedung UOB di deket Grand Indonesia. Kita harus bikin janji dulu untuk nyerahin berkas disana, pokonya login aja dulu ke situsnya TLS itu dan disana lengkap kok informasinya mulai dari apa aja yang harus dibawa dan pembayarannya berapa (kalo ngga salah sekitar 750ribu, lupa-lupa inget). Kita juga bisa nanya-nanya lewat 'contact us' nya TLS, baik dan ramah kok ngejawab pertanyaan-pertanyaan kita.

untuk foto, baik cewe maupun cowo harus keliatan kupingnya. ga terkecuali juga cewe yang pakai jilbab, harus dikeluarin kupingnya dari jilbab. makanya waktu kmrn apply gw harus ulang fotonya karena gatau hal ini, huhu.

untuk keuangan yang kita punya, biasanya mereka itu agak hati-hati dalam memberikan visanya. makanya sebisa mungkin tabungan kita diperbanyak, bisa minjem dulu kek dari temen atau gimana gitu, yang penting di tabungan kita bisa kelihatan banyak. pernah baca di blog orang lain sih kalo amannya itu sekitar 50 jutaan, tapi kemarin aku nekat cuma ada 30 jutaan dan Alhamdulillah di accept. tapi sempet juga sih ditelpon ama orang kedutaannya yang nanya bakal bawa berapa uangnya ke paris, dll. pokonya intinya, kita harus keliatan punya banyak uang supaya lebih dikasih visanya. mungkin mereka takut juga kali ya kalau setelah kita nyampe sana ternyata kita ga punya uang dan jadi gelandangan gitu..

oiya, jangan mepet-mepet ya nyerahin berkas untuk visanya. waktu yang ideal itu sekitar 3-1 bulan sebelum keberangkatan, karena mereka (TLS) ga bisa menjamin juga visanya bisa selesei tepat waktu itu kalau kita menyerahkannya mepet-mepet. 1 bulan sebelum departure date adalah waktu paling minimal yang mereka sarankan buat apply visa.

Hope it help, soalnya ngurus visa emang rada bikin deg-degan :)


tag: visa, Schengen, Paris

0 comments: