Thursday, April 18, 2013

Transportation in Paris

Seperti kota-kota besar di negara maju pada umumnya, transportasi umum disini oke banget dan menjangkau hampir setiap sudut kota. Ada 4 transportasi umum yang paling sering dipakai sama orang-orang, yaitu bus, metro, rer, dan tram. Tapi mungkin gw bakal ngebahas bus, metro dan Rer aja soalnya ga pernah naik tram dan lintasannya sedikit.

Apa sih bedanya metro dan Rer? Kalau metro itu lebih pelan jalannya dan stasiun berhentinya banyak, jadi kita bisa pilih stasiun metro mana yang lebih dekat dengan tujuan kita. Kalau Rer, lebih kenceng jalannya dan juga stasiun berhentinya sedikit. Oiya, kalau metro itu bisa pakai tiket t+ kemana aja tapi kalau Rer kita harus ngelihat zonanya, kalau udah di zona 3-5 kita harus beli tiket zona segitu. Paris itu terbagi jadi 5 zona. Parisnya itu sendiri cuma dari zona 1-2. Yah, kayak Jakarta ke Bekasi gitu deh, hehe.

peta metro dan Rer Paris

Tiket untuk bus, metro dan Rer ini sama, memakai tiket t+ atau sering disebut tiket carnet. Tiket bisa dibeli di mesin (di setiap stasiun metro ada) tapi kebanyakan cuma bisa belinya pakai kartu kredit. Hanya di stasiun-stasiun tertentu yang beli di mesinnya bisa pakai uang cash. Atau bisa juga beli di petugas tiketnya yang di stasiun. Kalau kita mau naik bus tapi ga punya tiket juga bisa beli di supir busnya, tapi harganya lebih mahal yaitu 2 euro. Harga untuk tiket t+ kalau beli satuan adalah 1,7 euro. Tapi kalau kita belinya paket yang 10 tiket, harganya cuma 13,3 euro, jadi lebih untung.Untuk weekend, ada tiket namanya tiket jeune, harganya 3,5 euro dan kita bisa pakai itu unlimited kemana aja.

tiket t+
Di bus itu sebenernya ga diperiksa ama supir bus, tapi berhubung banyak inspeksi dari polisi Ratp, jadi ya kesadaran diri aja untuk ngevalidasi tiketnya setiap perjalanan, hehe. Dendanya lumayan loh, 30 euro per orang sekali ketangkep, hehe..

Kalau kita mau tahu naik apa aja transportnya ke tempat tujuan kita, kita bisa cari tahu di http://www.ratp.fr/ . Itu situs resminya Ratp prancis, lumayan lengkap informasinya disana tentang transportasi Paris.

Mudah-mudahan ga nyasar yaa :D



tag: Paris, transport, metro, Rer, bus

0 comments: