Sunday, April 8, 2012

Tahu


As an Indonesians, we must already know what tahu is.

Tahu dan tempe adalah 2 makanan olahan kedelai yang paling populer di Indonesia. Kenapa? Of course karena rasanya memang enak dan harganya yang murah. Tahu sekarang sudah banyak diolah dan dimasak dalam berbagai jenis, sebut saja, tahu kuning, tahu putih, tofu, tahu sumedang, tahu bulat, bahkan ada keripik tahu. Dan bahkan, sekarang tahu bukan hanya terbuat dari kedelai namun ada juga yang terbuat dari susu sapi. Tapi tahukah kamu kalau tahu menyimpan keunggulan-keunggulan tersendiri?

Pada post ini akan dibahas hanya mengenai tahu yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% -98%). Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Dan paling penting, dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. Bahkan karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah, tahu merupakan salah satu menu diet rendah kalori.

Tahu dibuat dengan mengentalkan sari kedelai menggunakan garam mineral (biasanya kalsium sulfat). Sari kedelai inilah yang membuat tahu kaya dengan manfaat kesehatan. Perbandingan kadar protein antara tahu (kedelai) dengan sumber makanan yang lain:
Tahu (kedelai)= 35%, Susu skim kering=36%, kacang hijau= 22%, Daging=19%, Ikan segar=17%, Telur ayam=13%, Jagung=9,2%, Beras=6.8% dan Tepung singkong=1,1%.

Beberapa manfaat tahu antara lain:

1. Menurunkan kolesterol

LDL (kolesterol jahat) dapat berkurang sebanyak 35-40 persen, mengurangi terjadinya pembekuan darah, bahkan meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik). Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dilakukan pada 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi.

Setelah mengikuti diet sehat, partisan tersebut diikutkan pada pola makan beragam, mulai dari kacang almond, tahu, sayuran mentah, dan jenis makanan kedelai lain. Setelah setahun, kolesterol mereka diukur. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tahu mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain.

2. Meningkatkan produksi energi

Tahu merupakan sumber makanan yang kaya zat besi, yang menyediakan 30 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram. Zat besi dalam tahu terutama digunakan sebagai bagian dari hemoglobin yang membantu dalam ransportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh mempromosikan produksi energi.

3. Diet menu

Tinggi protein membuat perut tidak cepat merasa lapar. Juga, sifat rendah kalori (sekitar 80 kalori dalam 100 gram) tidak menambahkan kalori ekstra untuk menu diet Anda.

4. Tahu untuk wanita

Selain menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Rahasia khasiat tahu ternyata ada pada kandungan isoflavon yang mengandung hormon estrogen. Isoflavon juga memperlambat proses penuaan pada perempuan. Selama menopause, estrogen wanita berfluktuasi, baik naik atau turun di bawah tingkat normal. Fitoestrogen dari kedelai dapat membantu menjaga keseimbangan hormon tersebut. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Hal ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan beratnya gejala hot flashes (rasa panas pada perut) pada wanita menopause

Selain manfaat-manfaat diatas, tahu juga mempunyai manfaat untuk mencegah osteoporosis, membantu para penderita diabetes, dan juga membuat tekanan darah menjadi rendah.

Dengan semua manfaat diatas, tidak ada salahnya kan kalau kita jadikan menu alternatif dalam menu makan kita :D
Berikut merupakan komposisi Zat Gizi pada 100 gram tahu kuning: Energi 63 kal,
Air 86, 7 g,
Protein 7,9 g,
Lemak 4,1 g,
Karbohidrat 0,4 g dan
Serat 0,1 g.


Selamat makan tahu! :D :D :D



*from many sources

0 comments: