Thursday, August 2, 2012

Wedding (3), another things to be considered (1)

after the core of wedding preparation that i wrote in my previous post, there's still a lot of thing to do and sure need a consideration from the bride and the groom.
here is the example:

1. mahar

untuk pengantin Islam, mahar adalah kewajiban yang harus ada pada setiap akad. mahar itu tidak harus seperangkat alat shalat dan emas, tapi mahar itu ditentukan oleh keluarga cpw sebagai syarat untuk dapat menerima cpp sebagai suaminya. 
dari cerita sahabat nabi SAW, mahar itu hendaknya disesuaikan dengan kemampuan si cpp juga, dan hendaknya juga cpp sebisa mungkin untuk dapat menyanggupi apa yang diminta cpw. jadi harus ada perundingan antara cpw dan cpp, sehingga bisa disepakati mahar yang tidak memberatkan cpp namun dapat diterima oleh cpw.

2. cetak undangan

cetak undangan itu sebisa mungkin sesegera setelah semua core tadi terpenuhi. idealnya, undangan itu sudah diterima oleh orang yang bakal diundang H-2minggu dari acara. dan lama pembuatan undangan itu bervariasi, tapi rata-rata adalah 2 minggu-1 bulan. jadi kalau memang semua sudah fix, ga ada salahnya pesan undangan jauh-jauh hari :D

untuk kawasan jakarta, tempat yang banyak direkomendasikan oleh teman dan saudara saya itu ada di sekitar pasar tebet (tebet barat), karena disana memang banyak tempat percetakan undangan dan harga yang ditawarkan pun relatif lebih murah dibandingkan dengan tempat lain.
untuk bandung, sebenernya saya kurang tau lokasi dimana banyak tempat percetakan seperti yang ada di pasar tebet jkt, cuma saya sempet tanya2 harga ke percetakan kenalan teman saya yang ada di sekitar kawasan palasari Bandung dan akhirnya saya memesan juga disitu. Hasilnya bagus kok, dan harganya mirip-mirip sama di pasar tebet itu.

model undangan pun bisa bermacam, ada yang hardcover, softcover, single hardcover, dsb. semua tergantung selera dan juga budget yang dipunya. kalau ingin melihat-lihat contoh undangan, bisa buka website:
http://www.maplecard.com/ , http://jasmineinvitation.com/ ,  http://www.samarista.com/ , http://contohundangan.multiply.com/ atau bisa juga googling, keywords kartu undangan pernikahan :D

3. souvenir

untuk acara resepsi, sudah jadi kebiasaan di Indonesia ini untuk ngasih tanda terima kasih atau souvenir. souvenir pun bisa bermacam-macam dan harganya juga bervariasi.
mungkin ini hanya sekedar idealisme sih, tapi alangkah baiknya kalau souvenir yang dikasih itu berupa barang yang berguna untuk para undangan dan bukan untuk sekedar pemberian asal saja. hehe..

dari sekian banyak jenis souvenir yang ditawarkan di internet, akhirnya pilihan saya jatuh pada kaktus. sebenernya sempat terpikir mau bikin amplop+kartu ucapan polos gitu sih, tapi dari dulu emang sudah ngebayangin pingin ngasih tanaman ke orang, supaya orang lain bisa lebih care ke alam :) kaktus seperti itu ngga mahal kok, harganya dibawah 5000, dan amplop+kartu ucapan itu harganya dibawah 4000. tapi balik lagi, itu budget dan selera masing-masing psangan kok, hehe..

kalau mau cari tahu tentang kaktus untuk souvenir, bisa buka link: http://souvenirerikkaktus.blogspot.com/. kalau mau pilihan yang lain, bisa googling dengan keywords souvenir pernikahan..

another thingsnya lanjut ke post selanjutnya yaa :D


0 comments: