Thursday, August 2, 2012

Wedding (7), Siger Keramat

SIGER!

pada tau ga, apa itu siger? hehe..
siger itu semacam mahkota yang dipakai oleh cpp-cpw pada saat resepsi. personally, saya memang ingin memakai siger karena kesannya gimanaaa gitu, hehe..


siger sumedang
kenapa saya bilangnya siger keramat?
hehe..there's a story behind it :D

siger yang saya pakai waktu resepsi saya kemarin itu adalah siger sumedang. siger sumedang ini adalah siger turun temurun yang hanya boleh dipakai oleh keturunan prabu sumedang. kebetulan, almarhum nenek saya dari abah adalah wargi sumedang, jadi keluarga saya berhak untuk menggunakan siger tsb, dengan proses telusur keturunan dulu sebelum minjam siger ini. semua perempuan di keluarga abah saya menggunakan siger ini waktu pernikahannya, termasuk sepupu saya yang nikahnya hanya 1,5 bulan sebelum saya. keluarga saya yang lain yang mungkin kalian tahu yang memakai siger ini waktu pernikahannya adalah paramitha rusady, (bangga banget gini sodaraan ama artis ;p) hehe.. so intinya, kebayang kaan umur sigernya udah berapa tua.. dan siger ini adalah siger tiruan yang bentuk dan bahannya persis sama dengan yang asli yang dipakai prabu sumedang, tapi yang asli udah ga pernah lagi keluar dari museum di sumedang semenjak dulu karena takut rusak..

siger sumedang ini terbuat dari emas asli, dengan zamrud (if i'm not wrong) warna hijau sebagai mata ditengahnya. berat siger untuk cpp sekitar 5 kg, dan buat cpw sekitar 3kg. dan saya+mas make benda seberat ini dikepala selama hampir 4 jam. what a wowwww!

dan sebenernya awalnya saya agak sedikit parno waktu mau pakai siger ini. bukan apa-apa, tapi takut aja ga kuat nahan beban seberat itu dikepala dan agak sakit ke kepala karena ga pake bantalan untuk sigernya di kepala. tapi emang rada mistis juga sih, abisnya nini (nenek, bahasa sunda) yang makein sigernya langsung dibawa dari sumedangnya asli karena sigernya itu ditaro didalam peti besar yang digembok dan beliau baca doa macem-macem gitu waktu makeinnya. waktu sepupu saya nikah, malah mereka sambil dipakein siger itu disuruh sambil baca ayat kursi juga. hmmm..

mas waktu dipakein sigernya ama nini

 ada juga cerita yang, hmm, sedikit mistis, waktu nikahan sepupu saya. katanya ada tamu yang bilang ke ortu spupu saya itu, dan kebetulan tamu itu bisa 'ngeliat', dan dy bilang gini ke mereka: 'Pak, maaf ya pak sebelumnya, tapi kemarin waktu resepsi anak bapak, ada yang berdiri pak di belakang pelaminan. Badannya besar, dan tampaknya penjaga yang lagi ngejagain sesuatu'
... (diam)
terus waktu ditanya ke nini sigernya, mungkin itu uyut dari keluarga saya yang seneng dengan pernikahannya dan ikut ngejagain pelaminannya itu.

me, also in siger
anywayyyyyyyy,
terlepas dari cerita-cerita mistis itu, saya seneng banget bisa pakai siger itu :)
yakin aja kalau ada Allah SWT yang bakal ngejagain kita, so don't worry to much to that mystical story, hehe..


4 comments:

  1. Dear Teteh & Akang Calon Pengantin

    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung
    Halo Teteh dan Akang, sudah dapat gedung pernikahannya?
    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Full Carpet
    AC Central + 10 Standing AC
    Ceiling tinggi di 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible
    Masjid yang Luas untuk Akad Nikah
    Area Parkir Luas
    Free Parkir untuk Tamu Undangan
    Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)
    Free Genset

    Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas
    Wedding Organizer
    Wedding Consultant
    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.

    Jika Teteh dan Akang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp DITA (082218073807)

    SPECIAL PROMO ON APRIL!!! SO GRAB IT NOW, BOOKING ONLY 5.000.000

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Ingin sekali make teeeeh.... kabitaaa.. saya keturunan sumedang ingin coba tapi gatau adaaketurunan prabu sumedang apa engga 😁😁😁

    ReplyDelete