Wednesday, February 18, 2015

mitos ini mitos itu

pas lagi hamil, ngerasa ga sih kalau banyak banget mitos yang berseliweran?
kebanyakan mitos itu jg berasal dari tradisi yang turun menurun gitu, tapi yang gw takutin sih kalau mitos itu ga masuk di akal dan berujung pada musyrik, hiiiiyy males bangett kaann

contohnya nih, ada yang selama hamil disuruh pake peniti di baju atau baju dalemnya lah, yang bawa gunting kecil kemana-mana lah, atau gantungin bawang putih dirumah lah, absurrddddddd menurut gw mah.

atau pas lahir, kalau kita mengubur ari2 atau tali pusar anak kita, mesti dimasukin ke kendi, trus di atas kendinya ditaro macem2 kayak bumbu dapur lah, bunga2 lah, dll. emangnya mau masak?? agak ga masuk di logika sih kl ini. okelah kalau mau mengubur krn katanya kan ari2 itu bagian dr organ tubuh jd msti dikubur, kl argumen yg ini masih masuk di gw. tapi dengan embel2 macem gt? kl pgn anaknya jago masak atau jago macem2 sih gausah ditaro diatas ari2 yang dikuburinnya, tapii ya diajarin lah anaknya pengetahuan yang macem2 dan benerr..

terus-terus, mitos yang bilang kalau kebanyakan makan es nantinya anaknya bakal gede. kl yang ini masih setengah2 deh percayanya, krn pengetahuan dan pengujian di lab juga masih ada yang pro dan kontra. eh tapi es yang dimaksud disini adalah es batu murni yah, bukan es campur atau es-es lainnya yang biasanya gulanya melimpah. nah kalau es campur atau es krim atau es yang bergula banyak sih yaa mungkin banget bikin bayinya gede, kan kalori yang dimakan dari kandungan gulanya itu jg banyak.. kalo es batu kan, sebenernya sama aja kayak air putih tapi cuma beda fase. dan selama hamil ini gw penggemar berat es batu dan es krim, jadi gatau deh ngaruh beneran apa ngga es batunya itu hehee

tapi ga semua mitos ini salah sih.. ada juga mitos2 yang bener (setelah dibuktikan pake logika dan pengujian atau penelitian) tapi yang dulunya berasal dr pengalaman org2 jaman dulu krn jaman dulu blm ada penelitian secanggih sekarang, hehe..

gw ga hapal sih mitos2 mana aja yang emang bener atau salah. gw baca buku yang 505 mitos dan fakta seputar kehamilan dan menyusui itu, krn pd dasarnya gw orang yang ga percayaan buat hal-hal yang ga masuk di akal gw dan br percaya kl ada penelitiannya hahaha.. tapii kalo yang udah nyerempet2 ttg hal-hal yang musyrik, sebisa mungkin no way dehhhhhhhhhh >.<




0 comments: